Sabtu, Juli 31, 2010

mbolang

ada yang belum tahu istilah "mbolang" ?

mbolang (mbo.lang ; verb): adalah bentuk kata kerja dari kata bolang (bocah petualang). biasanya kata kerja ini menerangkan jika seseorang pergi untuk berpetualang, mencoba sesuatu yang baru, atau hanya sekedar berjalan-jalan baik sendirian atau beramai-ramai.

udah jelas kan sekarang? bukannya aku mau sok pinter ngalahin hasan shadili atau john m echols, tapi kayaknya asik juga kalau aku bikin kamusku sendiri deh. hehe :D

ngomong-ngomong tentang mbolang, aku gak akan membahas sebuah acara televisi itu. minggu kemarin, aku jadi bolang. haha.


tidur dibawah pohon setelah mencangkul


another pathway



coba aku bawa sepedaku..




sandal jepit. celana tidur. jaket angkatan. aku.




pengen loncat aja rasanya.hehe


hari minggu, aku pergi ke kampung, terus diajak bapakku ke kebon. kebon itu bukan hewan berkaki empat yang dagingnya enak dijadikan empal. bukan, itu kebo. kebon itu istilah jawa untuk menyebut hutan yang diolah jadi lahan pertanian. yang pasti bukan buat tanaman padi, ya. biasanya kebon ditanami pohon ketela, jati, randu, sengon, atau yang sejenisnya.

dan untuk yang kusebut terakhir, itulah yang ditanam bapakku. tau pohon sengon?

sengon (se.ngon ; noun, countable): pohon yang serat batangnya dapat diolah menjadi pulp yang selanjutnya akan diolah kembali menjadi kertas. diameter batangnya tidak terlalu besar, dan tidak terlalu membutuhkan air semasa hidupnya. amin.

baru kali ini aku melihat pohon sengon.

dan di kebon bapakku itu, aku berasa kayak jane the farmer girl itu lho. ;p
masuk ke divisi cangkul-mencangkul (yang hanya bertahan tidak lebih dari 15 menit, berat + capek banget, ujung-ujungnya aku jadi tim hore nya aja. hehe)
terus ngecek tanah dan apalah-itu-yang-aku-gak-tahu, pokoknya urusan bercocok tanam itulah. aku gak tau banyak tentang hal itu, karena pengalamanku dalam bercocok tanam paling-paling bercocok tanam kecambah waktu praktikum biologi smp dulu.
sampe terakhir sebelum pulang, bapakku ngajak aku buat ngelilingin kebon, sambil bercerita ini itu.
tentang harga pupuk, harga bibit, harga jual, dan lain-lain.
jadi petani ternyata gak semudah yang aku pikirkan selama ini.

selain itu, aku tentu saja jadi pengamat, seperti biasa.
para buruh tani itu, dan kesederhanaan hidup mereka.
berangkat pagi pulang siang dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda mereka yang udah jadul buanget dan lusuh. kayaknya usia sepeda itu lebih tua daripada usia mereka deh. they just can't afford the new one. makan siang pake nasi putih lauk ikan asin sama tempe goreng yang tipis, dibungkus daun pohon jati. bekal minuman pake botol air minum yang udah gak layak buat tempat minum. warna botolnya sendiri udah agak kekuningan gitu, yang pertanda udah lama banget dipakenya. dan mereka gak pake alas kaki. kalaupun pake, cuma sandal jepit yang alasnya udah tipis banget. baju? cuma kaos yang dikasih gratisan dari partai atau hadiah dari toko bangunan, yang udah lusuh banget, sama celana kolor hitam.

melihat itu semua, aku jadi kepikiran banyak hal.

do you think what I'm thinking?

dan itulah salah satu alasan aku suka mbolang, sedikit merasakan kehidupan lain yang selama ini aku tidak pernah rasakan.

4 komentar:

  1. Baru tahu mbolang, kan biasanya bolang...
    Kunjung balik blogku juga ya
    http://gigihpambudi1995.blogspot.com
    tolong di komentar ya tulisan di blogku..

    BalasHapus
  2. mbolang ada di tv apa? Perasaan adanya bolang..

    BalasHapus
  3. mbolang memang menyenangkan. di Desa Wisata Kembangarum di daerah Turi ada outbond, dan yang ditawarkan ternyata outbond bercocok tanam, berkenalan dengan hewan ternak (semacam memeras susu sapi, maen kelinci), dan hal-hal mbolang lainnya. mereka menyebutnya "outbond pendidikan". menarik, tp sayang mahal. :D

    BalasHapus
  4. kunjungi juga blogku y...
    Tolong dicomment,, ini blogku yang dipakai..

    Artikel di Blogspot.

    BalasHapus

comments, suggestions, critics, anything.
just let me know :)

 
template by suckmylolly.com flower brushes by gvalkyrie.deviantart.com